Didi · what i think

Rumput tetangga selalu lebih hijau?

Rumput tetangga selalu lebih hijau, apakah selalu benar?

Aku ingat waktu kecil, ada reality show di stasiun TV lokal yang menayangkan bagaimana seseorang tidak bahagia dengan kehidupannya, lalu pada satu waktu mereka merasakan pengalaman hidup sebagai orang lain. Ada seorang pemulung yang bertukar nasib dengan seorang pengusaha. Si pemulung merasa tidak bahagia karena merasa miskin, sementara si pengusaha juga merasa stres dengan pekerjaannya. Setelah ditukar, pemulung itu dituntut untuk membuat keputusan-keputusan dalam suatu perusahaan yang bahkan dia tidak mengerti. Ternyata hal tersebut juga membuat si pemulung stres. Begitu pula si pengusaha, dia merasakan bahwa ada orang yang bekerja jauh lebih keras dan sulit dibanding dirinya.

Baru-baru ini aku mengalami hal yang sama. Apa yang kubayangkan tidak seindah dan seenak dan semanis yang kuduga sebelumnya. Kehidupan industri kreatif bagiku sangat dinamis dan menyenangkan. Punya waktu yang fleksible dan bisa bekerja dimana saja adalah kemewahan yang tidak bisa kumiliki dengan pekerjaanku sekarang. Aku mencoba menjadikan hobi fotoku sebagai profesi. Ternyata aku baru bisa merasakan seperti apa tantangan seorang fotografer. Tuntutan untuk merekam momen, perasaan, dan suasana dalam satu frame dalam waktu sepersekian detik itu tidak semudah yang dibayangkan. Ada tanggung jawab besar yang bersembunyi di balik penampakan santai orang-orang kreatif.

Pada acara tersebut, akhirnya mereka menyadari bahwa mereka lebih bahagia pada saat menjadi diri mereka sendiri. Ada tanggung jawab yang sebanding lurus dengan kesenangan yang tampak mengikutinya. Jadi rumput tetangga selalu lebih hijau, betul. Namun kita harus lebih bijaksana menyikapi hidup bahwa kita harus melihat dari perspektif yang berbeda. We have to put ourself in someone else’s shoes. Mungkin dengan melatih melihat dari sudut pandang yang berbeda, kita bisa menjadi orang-orang yang mawas diri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s